Insomnia ketika puasa, Lakukan 4 Tips Berikut Ini

Puasa merupakan suatu ibadah wajib bagi umat Muslim yang dilaksanakan di bulan Ramadhan. Ketika puasa, cenderung seseorang akan merasa lemas dan ngantuk di siang hari sedangkan pada malam hari ketika buka menjelang menjadi hari yang lebih aktif.

Hal ini seringkali membuat kesalahan siklus tidur sehingga polanya menjadi terbalik. Pula yang terbalik ini ditandai dengan ketidakmampuan beristirahat ketika malam hari dan cenderung ingin beristirahat di siang hari.

Namun, terdapat beberapa tips untuk menghindari insomnia ketika puasa yang akan saya paparkan berikut ini :

Tips Insomnia ketika puasa

Buat jadwal tidur

Kesalahan utama yang bisa membuat jadwal tidurmu terbalik atau insomnia adalah tidak teraturnya jadwal tidur yang Anda lakukan.

Targetkan pada jam-jam tertentu untuk Anda tidur.

Hal ini berarti, diluar jam jadwal Anda harus menahan kantuk dengan tetap terus beraktifitas secara aktif agar terhindar dari rasa kantuk.

Mandi dengan air hangat

Setelah berbuka, ada baiknya jika Anda mandi air hangat guna merelaksasikan otot-otot dan saraf agar tidak tegang maupun stress.

Keadaan otot yang stres dan tegang akan mempengaruhi kualitas tidur sehingga kemungkinan besar akan mengakibatkan insomnia.

Dengan memanjakan diri sejenak, berendam kurang lebih 10-15 menit dalam bak mandi berisi air hangat.

Konsumsi susu hangat di malam hari

Minum susu di malam hari akan membuat tubuh Anda hangat dan terasa kenyang. Kenyang dengan susu bisa menstimulasi rasa kantuk dan rileks.

Sehingga meminum susu untuk sebagian orang akan berhasil menimbulkan rasa kantuk dan menghindarkan dari insomnia.

Namun ketika Anda tidak biasa mengkonsumsi susu hangat, Anda juga bisa mengkonsumsi minuman hangat lain seperti wedang jahe.

Akan tetapi, Anda perlu menghindari konsumsi minuman dan makanan yang mengandung kafein seperti kopi, teh, dan coklat.

Belajar atau baca buku

Membaca buku atau belajar untuk sebagian orang dianggap membosankan dan pembangkit rasa kantuk yang ampuh.

Anda bisa mengaplikasikan cara ini untuk menstabilkan jadwal tidur Anda. Gunakan buku-buku tebal atau buku pelajaran yang Anda kenal ampuh untuk membangkitkan rasa kantuk Anda.

Dengan membaca terus menerus, nantinya rasa kantuk akan secara alamiah menyerang Anda ketika sudah bosan dan mata sudah lelah.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda aplikasikan untuk mengatasi insomnia di kala bulan puasa menjelang. Meskipun pola tidur terbalik ini terbilang cukup jarang dialami, namun semoga artikel ini tetap bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Insomnia ketika puasa menjelang sering diakibatkan oleh pola tidur terbalik dan bisa diatasi dengan berendam air hangat, minum susu, baca buku dan lain-lain.