Dampak negatif Merokok Pada Wanita Hamil

Nur Hasanah Dampak Negatif Merokok Pada Wanita Hamil dan Kesehatan Janin.

Merokok merupakan sebuah gaya hidup yang tidak baik untuk ditiru. Apalagi jika Anda merupakan wanita yang sedang hamil. Merokok sangat tidak baik bagi wanita yang sedang hamil apalagi jika sedang hamil muda. Bahaya merokok memang tidak hanya berakibat buruk para ibu hamil, melainkan juga bagi kesehatan janin.

Dampak negative merokok pada wanita hamil dapat Anda hindari dengan tidak merokok maupun menghindari asap rokok disekitar Anda. Asap rokok mengandung zat nikotin, karbon monoksida serta bahan lainnya yang sangat berbahaya bagi tubuh.

Dampak negatif merokok pada wanita hamil akan berdampak pada ibu dan janin. Dampak negative pada ibu salah satunya yaitu dapat mengakibatkan penyakit pernapasan dan juga dapat memicu kanker. Sedangkan dampak negative untuk janin yaitu dapat mengakibatkan bayi lahir premature. Hal ini terjadi karena Anda akan melahirkan lebih cepat dari waktu normalnya.

Bayi yang lahir premature memiliki resiko kematian yang tinggi. Hal ini disebabkan karena organ di tubuh bayi belum mengalami kematangan yang sempurna. Efek dari merokok akan mengakibatkan pertumbuhan bayi yang tidak normal. Penyaluran nutrisi ke tubuh bayi di dalam kandungan tidak berjalan normal.

Dampak negatif merokok pada wanita hamil juga dapat mengakibatkan bayi lahir dengan cacat fisik. Beberapa cacat fisik yang dapat terjadi yaitu bibir sumbing dan kelainan pada bentuk tubuh organ lainnya. Hal ini terjadi karena adanya pembelahan sel yang tidak sempurna ketika proses pembentukan organ yang mengalami kelainan.

Susunan saraf pada janin juga dapat mengalami kelainan. Padahal, saraf pusat merupakan tempat dimana tubuh melakukan berbagai koordinasi dalam menerima berbagai respon oleh tubuh.

Dampak negatif merokok pada wanita hamil lainnya yaitu Anda dapat mengalami keguguran karena terlalu sering merokok saat kehamilan masih pada tingkat trimester pertama.

Pastinya keguguran merupakan hal yang sangat tidak diinginkan oleh setiap wanita yang sedang mengalami kehamilan. Ternyata, kandungan zat pada rokok juga dapat merusak pembuluh darah menuju jantung pada janin.

Hal ini terjadi jika kehamilan Anda sudah berumur 4 hingga 6 minggu. Pada saat itu system pembuluh darah dan juga jantung sudah mulai terbentuk sempurna.

Dampak negatif merokok pada wanita hamil dapat berdampak pada ibu dan juga janin. Salah satu dampak negatif yang dapat terjadi pada janin yaitu kematian mendadak pada janin.